Kamis, Oktober 18, 2012

TULISAN 9




UJI COBA ALAT
Untuk menguji alat tersebut beri tegangan sebesar 9 Volt.Kemudian alat tersebut diatur sensivitas tegangannya pada LDR dengan memutar Trimpot 1 memakai obeng pada T1. Lalu kita hubungkan jack banana merah ke vcc dan jack banana hitam ke ground. Atur trimpot 1 untuk mengatur sensivitas cahaya dari LDR. Bila LDR tidak mendapat cahaya, maka kita gunakan saklar yang berlogika 1(saklar tertutup) agar bersifat ON. Setelah itu outputnya yang berupa buzzer akan berbunyi.
Dari sini kita bias atur volume suara buzzer dari trimpot 2 yang bernilai 20K. Alat akan bekerja apabila pintu lemari dibuka maka cahaya akan mengenai LDR dan dalam beberapa detik buzzer sebagai output dari rangkaian ini akan berbunyi. Dan apabila pintu lemari ditutup maka saklar mikro dalam keadaan off sehingga memutuskan arus yang menyebabkan buzzer mati.
     Rangkaian Alarm Lemari Es ini juga menggunakan sakelar mikro atau switch On/ Off selain menggunakan sensor LDR. Fungsi dari sakelar On /Off ini sebagai pengganti sensor LDR yang apabila lemari es tidak memiliki lampu dapat menggunakan sakelar sebagai pengganti sensornya.

Kesimpulan
Alarm ini tidak sepenuhnya bergantung pada LDR(Light Dependent Resistence). Karena di alat ini kami juga memakai saklar. Bila LDR di rangkaian ini bekerja maka saklar berfungsi sebagai input cadangan atau biasa disebut dengan pilihan kedua.
 Saran
Pemilihan komponen pada proyek ini harus sesuai karena bila tidak, maka tidak akan menghasilkan keluaran bunyi yang berasal dari buzzer. Pada saat pemasangan komponen juga harus sesuai dengan apa yang ada pada gambar rabgkaian.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Saldeath Blak Magik is Designed by productive dreams for smashing magazine Bloggerized by Ipiet © 2008 | Free Blogger Theme | Free Ebooks