Kamis, Oktober 18, 2012

TULISAN 3




Akhir nya semester 1 dan 2 pada tingkat 1 telah berlalu, dan akhirnya libur panjang pun telah tiba. Setelah liburan panjang usai saya naek pada tingkat 2 semester 3, pada naek tingkat itu ternyata kelas nya di campur aduk kembali(di acak ulang).
Saya mendapatkan kelas baru di kelas 2KB03 sayang sekali saya tidak 1 kelas dengan teman – teman terbaik, dan di kelas itu saya mendapatkan teman – teman baru yg pada awal nya hanya berdiam – diaman satu sama lainnya, dan pada akhirnya setelah beberapa hari di kelas baru saya mendapatkan teman yang mengasikan juga.
Pada semester 3 itu kami pun mendapatkan mata kuliah baru, teman baru begitu juga praktikum baru. Praktikum di semester 3 itu adalah praktikum elektronika dasar praktikum elektronika dasar adalah praktikum dasar bagi jurusan sistem komputer disitulah di baru di mulai praktikum yang menyangkut jursan sistem komputer.

Pada praktikum elektronika dasar di wajibkan untuk membuat proyek alat beserta makalahnya. Praktikum itu ada 7 kali pertemuan 2 kali brifing dan 5 kali praktikum praktek, pada saat itu saya mendapta shif A dan jam nya pun begitu tidak mengasikan karena mendapat kan pukul 18:00.
pada saat brifing, setelah selesai brifing pada 2 kali pertemuan, akhirnya maju ke sisi praktek alat, disana kami di ajarkan menggukan alat – alat praktikum elektronika dasar.

Laboratorium Dasar Sistem Komputer Universitas Gunadarma menyelenggarakan praktikum Elektronika Dasar dan Sistem Digital.  Pada praktikum Elektronika Dasar, mahasiswa dikenalkan dengan komponen-komponen dasar elektronika analog (dioda, resistor, capasitor, transistor) dan dikenalkan juga dengan komponen analog terintegrasi yaitu IC OP-AMP (741) sebagai pengetahuan dasar mengenai IC penguat, dan beberapa gerbang logika dasar.  Kemudian pada Praktikum Sistem Digital mahasiswa dikenalkan pada konsep dasar pembetuk sebuah sistem digital berupa gerbang logika turunan, aritmatika, komparator dan memori sederhana.

Komponen Elektronika
Resisitor adalah sebuah alat yang digunakan untuk menghambat arus listrik pada sebuah rangkaian listrik, resistor digunakan untuk mendapatkan arus yang sesuai dengan yang dibutuhkan oleh rangkaian. Untuk mengendalikan arus dalam sebuah rangkaian lisrtik, digunakan komponen yang mempunyai resistansi. Artinya komponen tersebut mempunyai kemampuan untuk membatasi arus listrik yang mengalir pada rangkaian. Bentuk dan penggunaan resistor dapat dibagi atas :

0 komentar:

Posting Komentar

 

Saldeath Blak Magik is Designed by productive dreams for smashing magazine Bloggerized by Ipiet © 2008 | Free Blogger Theme | Free Ebooks