Kamis, Oktober 18, 2012

TULISAN 4




1.  Resistor Tetap (fixed resistor)
2.  Resistor Variable (potensiometer)
3.  Resistor yang dapat diubah secara kontinu (trimpot)

Kapasitor adalah suatu komponen elektronika yang dapat menyimpan dan melepaskan muatan listrik atau energi listrik. Kemampuan untuk menyimpan muatan listrik pada kapasitor disebut dengan kapasitansi.

IC 4093      
          IC yang saat ini kami pakai ialah IC 4093, IC ini berjenis IC CMOS. IC ini biasanya sering dipergunakan dalam rangkaian-rangkaian elektronika. IC ini terdiri dari 4 gerbang NAND dengan 2 inputan. Kelebihan dari IC ini ialah konsumsi dayanya rendah sehingga cocok dipakai pada peralatan elektronika yang memakai baterai.
Buzzer adalah sebuah komponen elektronika yang berfungsi untuk mengubah getaran listrik menjadi getaran suara.

Dioda merupakan salah satu komponen aktif elektronika yang memiliki dua saluran yaitu anoda (A) dan Katoda (K). Dioda Biasa yang terbuat dari silicon dan germanium berfungsi sebagai penyearah jika dipasang forward tetapi akan berfungsi sebagai penahan arus jika dipasang sebaliknya (reverse). Ketika terminal anoda diberi tegangan positif atau terminal katoda diberi tegangan negatif, maka kondisi ini disebut forward-bias, sebaliknya jika anoda diberi tegangan negatif atau katoda diberi tegangan positif maka kondisi ini disebut reverse-bias.

Jenis-jenis Dioda:
-         Dioda Biasa (yang sedang dibahas)
-         Dioda Zener
-         Dioda Schottky

0 komentar:

Posting Komentar

 

Saldeath Blak Magik is Designed by productive dreams for smashing magazine Bloggerized by Ipiet © 2008 | Free Blogger Theme | Free Ebooks