Rabu, November 02, 2011

Grup Proses Manajemen Proyek dan Integrasi Manajemen Proyek


Grup Proses Manajemen Proyek dan Integrasi Manajemen Proyek

Group Process

• Dalam Manajemen Proyek terdapat sejumlah proses yang saling berkaitan

• Tiap-tiap proses tersebut membentuk suatu group proses

• Dalam manajemen proyek terdapat 5 group proses yaitu :

– Inisiasi Proyek - Kontrol Proyek

– Perencanaan Proyek - Penutupan/akhir

– Eksekusi Proyek proyek

Dalam inisiasi proyek dilakukan sebuah pendefinisian proyek

Perencanaan. Mendefinisikan dan merinci tujuan proyek, serta merencanakan aktivitas-aktivitas

yang dibutuhkan dalam rangka mencapai tujuan proyek, sesuai dengan batasan yang telah disepakati

di dalam inisiasi proyek.

Eksekusi. Mengintregasikan semua sumber daya yang dibutuhkan dalam rangka mencapai tujuan

proyek, dengan melaksanakan apa yang telah direncanakan.

• Kontrol. Mengukur dan memonitor secara berkala kemajuan proyek serta mengidentifikasi adanya

penyelewengan pelaksanaan dari rencana yang sudah dibuat sebelumnya.

• Akhir. Melakukan formalisasi hasil proyek, berupa produk, servis, ataupun hasil khusus dari proyek

Project Integration Management

Integrasi Manajemen Proyek adalah proses yang diperlukan untuk memastikan bahwa unsur-unsur berbagai proyek dikoordinasikan secara efektif. Integrasi manajemen adalah praktek membuat sesuatu di setiap bagian dari proyek ini adalah terkoordinasi.

Proses Grup Integrasi Manajemen Proyek

- Memulai Mengembangkan piagam proyek

- Perencanaan Mengembangkan rencana manajemen proyek

- Pelaksana Langsung (Direct) dan mengelola pelaksanaan proyek

- Pemantauan dan pengendalian Pemantauan dan pengendalian proyek kerja

- Penutupan integrasi perubahan kontrol Penutupan fase

Proses Kunci output

- Pengembangan piagam proyek Piagam proyek

- Rencana pengembangan manajemenproyek Rencana manajemen proyek

- Langsung (direct) dan mengelola pelaksanaan proyek Penyampaian informasi

performa kerja

- Monitor dan kontrol proyek kerja Permintaan perubahan

- Penutupan p royek atau fase Produk akhir, pelayanan atau

Apakah Manajemen Proyek Integrasi?

Integration manajemen merupakan unsur manajemen proyek yang mengkoordinasikan semua aspek proyek. Proyek integrasi, ketika dilakukan dengan benar, akan menghasilkan segala poses dari proyek berjalan lancar. Integrasi manajemen akan menghasilkan serangkaian tujuan yang menghasilkan. Hasil ini termasuk chart proyek, rencana proyek, dan awal dari pernyataan ruang lingkup proyek. Di bawah ini adalah ringkasan dari apa yang melibatkan manajemen proyek integrasi.

Proses apa saja yang Terlibat dalam Manajemen Proyek Integrasi?

Integrasi manajemen melibatkan tujuh proses. Yang pertama dari proses ini adalah pengembangan piagam proyek. Piagam memulai proyek proyek. Dokumen ini memberi wewenang proyek untuk mendapatkan berlangsung. Proyek charter negara tujuan proyek dan nama manajer proyek. Hal ini biasanya tidak lebih dari satu halaman panjang.

Proses kedua adalah pengembangan ruang lingkup pernyataan awal. Dokumen ini akan ditinjau kembali dalam unsur manajemen lingkup PMBOK. Pernyataan lingkup mendefinisikan apa dan apa yang bukan bagian dari proyek. lingkup laporan Yah-pasti akan menampilkan semua dan hanya bekerja terlibat dengan suatu proyek tertentu.

Proses ketiga dalam manajemen integrasi merupakan pengembangan dari rencana proyek. Rencana proyek meliputi project charter, definisi proyek, tujuan proyek, anggaran proyek, jadwal proyek, sumber daya yang dibutuhkan untuk proyek, pendekatan, rencana pengelolaan, dan penilaian risiko awal.

Proses selanjutnya yang terlibat adalah mengarahkan dan pemantauan pelaksanaan proyek. Ini adalah ketika proyek benar-benar akan berlangsung. Produk yang dihasilkan selama fase ini meliputi produk deliverable akhir. Jika proyek ini di TI, deliverable akan menjadi program perangkat lunak.

Kelima, pekerjaan proyek harus dipantau dan dikendalikan. Salah satu aspek penting dari proses ini adalah manajemen perubahan. Permintaan untuk perubahan proyek dapat dilakukan selama siklus hidup proyek. Jika permintaan ini tidak dimonitor dan dikontrol, maka kualitas proyek dapat dikompromikan. Sebuah tim harus dibentuk dalam rangka untuk mengawasi permintaan perubahan dan penerapan perubahan. Proses ini berkaitan erat dengan keenam: mengontrol perubahan yang terintegrasi.

Akhirnya, proyek harus ditutup bila telah selesai. Penutupan proyek melibatkan meninjau proses, keberhasilan dan defisit yang ditemukan selama siklus hidup proyek. Selama fase ini, sebuah pelajaran dokumen yang dihasilkan oleh tim manajemen proyek.?

Integrasi Manajemen Proyek

• Risiko Kondisi

1. perencanaan yang tidak memadai, integrasi atau alokasi sumber daya

2. Kurangnya tujuan yang jelas dan indikator kunci keberhasilan

3. Kurangnya manajemen proyek secara menyeluruh

4. tidak memadai atau kurangnya tinjauan siklus hidup proyek

• Resiko akibat Event

1. Tidak adanya atau mulai akhir manajemen proyek terpadu

2. Classic manajemen proyek kegagalan dan kekacauan

3. Kecelakaan Proyek

4. berhenti bekerja

Lingkup Manajemen

• Risiko Kondisi

1. persyaratan penilaian yang tidak memadai

2. Kurangnya perencanaan – kurangnya lead time

3. Miskin definisi ruang lingkup dan rincian paket pekerjaan

4. Lingkup perubahan tanpa waktu yang sesuai dan perubahan anggaran

• Resiko akibat Event Perubahan

1. dalam lingkup “untuk membuat sesuatu pekerjaan”

2. Unbudgeted kerja dan ulang

3. Menghasilkan overruns biaya dan serius waktu

Manajemen Waktu

• Risiko Kondisi

1. Miskin memperkirakan waktu atau kebutuhan sumber daya

2. manajemen yang buruk dari jalur kritis, dan / atau mengapung

3. lembur berlebihan

• Resiko akibat Event

1. khusus penundaan: keterampilan tenaga kerja atau materi kekurangan, tanpa motivasi, pemogokan

2. Perlu untuk percepatan Sebelumnya

3. Rilis produk kompetitif

4. keunggulan kompetitif dan proyek dibatalkan

Manajemen Biaya

• Risiko Kondisi

1. kesalahan / kelalaian

2. Tidak ada investigasi masalah diprediksi

3. asumsi produktivitas over-optimis

4. Kurangnya biaya, perubahan atau pengendalian kontinjensi

• Resiko akibat Event

1. Serius anggaran overruns

2. Uang habis dan proyek dibatalkan

Manajemen Mutu

• Risiko Kondisi

1. tidak konsisten, definisi tidak lengkap atau tidak jelas kualitas

2. Miskin sikap terhadap kualitas

3. desain / material / pengerjaan

4. jaminan kualitas yang tidak memadai / program kontrol

• Resiko akibat Event

1. Penolakan kerja

2. kualitas produk tidak kompetitif

3. Produk kinerja kegagalan

Manajemen Sumber Daya Manusia

• Risiko Kondisi

1. tidak tepat struktur organisasi atau alokasi tanggung jawab

2. inferior kepemimpinan atau gaya manajemen bimbang

3. Tidak adanya motivasi dan akuntabilitas Konflik

4. tidak dikelola

5. pekerja yang tidak kompeten

• Resiko akibat Event

1. Umum tidak ada upaya tim

2. Organisasi kegagalan, penghentian pemogokan

Komunikasi Manajemen

• Risiko Kondisi

1. Kecerobohan dalam perencanaan dan dalam berkomunikasi rencana

2. Kurangnya pemahaman dan penanganan yang tidak tepat kompleksitas

3. Kurangnya konsultasi dengan pemangku kepentingan

• Resiko akibat Event

1. tidak dapat dipercaya atau tidak benar informasi yang mengarah ke tindakan yang salah atau kelambanan

2. Gagal harapan stakeholder

Manajemen Risiko

• Risiko Kondisi

1. risiko Mengabaikan atau “diasumsikan begitu saja”

2. tidak jelas tugas tanggung jawab risiko – internal tim, kontraktor, dan pihak ketiga

3. Keengganan untuk menerima kepemilikan tanggung jawab risiko

4. Miskin asuransi manajemen

• Resiko akibat Event

1. dihindari terjadi peristiwa risiko

2. Dengan penundaan akibat dan overruns biaya

3. Kerusakan terhadap kualitas

4. Kerusakan Merek Kelembagaan

Manajemen Pengadaan

• Risiko Kondisi

1. kompetitif pembelian

2. klausul kontrak tidak dapat dilaksanakan, kondisi

3. Keuangan kelemahan tertular pihak

4. permusuhan dan hubungan kontrak non-kooperatif

5. tidak pantas tugas kontrak risiko

• Resiko akibat Event

1. Klaim litigasi, pemukiman

2. Kontraktor tidak mampu, kepailitan, kegagalan

Proses Integrative Manajemen Proyek

• Mengembangkan Piagam Proyek

• Mengembangkan Pernyataan Pendahuluan Ruang Lingkup Proyek

• Kembangkan Rencana Manajemen Proyek

• langsung dan Mengelola Pelaksanaan Proyek

• Memantau dan Kerja Pengendalian Proyek

• Kontrol Ubah Terpadu

• Tutup Proyek

transisi hasil

Pengembangan Piagam Proyek

Proyek Piagam digunakan untuk mengotorisasi sebuah proyek untuk memulai dan untuk menyediakan manajer proyek dengan otoritas yang diperlukan untuk melaksanakan proyek tersebut. Manajer Proyek harus diidentifikasi dan ditugaskan sebagai awal dalam proyek sebagai layak, tetapi selalu sebelum perencanaan proyek dan disukai selama pengembangan project charter. Piagam proyek harus dikeluarkan oleh sponsor proyek atau orang lain pada tingkat yang cukup dalam organisasi untuk melakukan pendanaan.Input:

Proyek Pernyataan Kerja (deskripsi tertulis dari produk proyek, layanan, atau hasil)

Kasus bisnis

kontrak

Faktor Lingkungan perusahaan

Organisasi Proses Aset

Garis Proyek Piagam: bisnis perlu, deskripsi produk, kendala, asumsi, pernyataan otoritas dan akuntabilitas, tanggung jawab otoritas manajer proyek proyek, manajer.

PENGEMBANGAN RENCANA MANAJEMEN PROYEKRencana proyek digunakan untuk:

Panduan pelaksanaan proyek

Dokumen perencanaan proyek asumsi

Dokumen perencanaan proyek keputusan berdasarkan alternatif yang dipilih

Memfasilitasi komunikasi antar stakeholder

Tentukan tinjauan manajemen kunci

Memberikan dasar untuk pengukuran kemajuan dan pengendalian proyek

Masukan untuk proses manajemen proyek rencana mengembangkan:

Pernyataan ruang lingkup awal proyek

Manajemen proyek proses

Faktor lingkungan perusahaan

Organisasi proses aset

Alat dan teknik digunakan untuk mengembangkan rencana manajemen proyek:

Metodologi manajemen proyek

Manajemen proyek sistem informasi

ahli Penghakiman

LANGSUNG DAN PELAKSANAAN PROYEK KELOLATujuan dari pelaksanaan proyek langsung dan mengelola adalah untuk menjalankan pekerjaan yang ditetapkan dalam rencana manajemen proyek dalam rangka untuk mencapai persyaratan proyek rinci dalam pernyataan ruang lingkup proyek. Dalam fase ini, sebagian besar anggaran proyek dihabiskan.

- Alat dan teknik untuk proses proyek langsung dan mengelola eksekusi

Metodologi manajemen proyek

Manajemen proyek sistem informasi

- Keluaran dari proses proyek langsung dan mengelola eksekusi

deliverables

diminta perubahan

Diimplementasikan permintaan perubahan

Diimplementasikan tindakan korektif

Diimplementasikan tindakan pencegahan

Diimplementasikan perbaikan cacat

Pekerjaan informasi kinerja

MONITOR DAN PEKERJAAN PENGENDALIAN PROYEK

Proses pelacakan, meninjau, dan mengatur kemajuan untuk memenuhi tujuan kinerja yang ditetapkan dalam Rencana Manajemen Proyekmasukan

Rencana Manajemen Proyek

Laporan kinerja

Faktor Lingkungan perusahaan

Organisasi Proses Aset

Tools & Teknik

ahli Penghakiman

keluaran

perubahan Permintaan

Rencana Pengelolaan Proyek Pembaruan

Dokumen Proyek Pembaruan

LAKUKAN PERUBAHAN PENGENDALIAN TERPADU

berarti mengkoordinasikan perubahan di seluruh proyek. Proses ini meliputi permintaan meninjau, menyetujui perubahan dan mengendalikan perubahan (hasil apapun produk yang unik dan dapat diverifikasi, atau kemampuan untuk melakukan layanan yang diidentifikasi dalam dokumentasi manajemen proyek perencanaan dan harus diproduksi dan disediakan untuk menyelesaikan proyek) deliverable.

keluaran

Ubah Perbarui Status Permintaan

Tools & Teknik

ahli Penghakiman

Berkaitan dengan:

Mempengaruhi faktor yang menciptakan perubahan untuk memastikan bahwa perubahan yang disepakati

Menentukan perubahan yang telah terjadi

Mengelola perubahan yang sebenarnya ketika mereka terjadi

TUTUP ATAU PROYEK FASE

Proses menyelesaikan semua kegiatan di seluruh Grup Proses Manajemen Proyek untuk secara resmi menyelesaikan proyek atau fase.

Proyek dekat atau Fase adalah semua tentang menutup proyek dengan benar. Ini termasuk membuat dokumentasi yang diperlukan dan arsip, menangkap pelajaran yang dipelajari, memastikan kontrak yang benar ditutup, dan memperbarui semua aset proses organisasional.keluaran

Akhir produk, layanan, hasil transisi

Tools & Teknik

ahli Penghakiman

sumber :

http://mcfans-mpti.blogspot.com/

http://als-journal.blogspot.com/2011/09/project-integration-management.html

0 komentar:

Posting Komentar

 

Saldeath Blak Magik is Designed by productive dreams for smashing magazine Bloggerized by Ipiet © 2008 | Free Blogger Theme | Free Ebooks